We have 18 guests online
Monday, 21 April 2014

Pengalaman HSG

Kami pasangan yang sudah menikah 8 tahun dan belum diberi momongan. Karena belum ada tanda-tanda kehamilan, kami putuskan berobat ke dokter. Setelah hunting info  kesana – kemari akhirnya kami memutuskan berobat ke dokter ivan. Saya konsultasi pada saat mens hari ke-3, hasil USG transvaginal terlihat bentuk rahim normal dan bersih, alhamdulilah, sedangkan suami setelah tes sperma hasilnya teratozoospermia. Setelah itu, tahapan selanjutnya yang harus dilalui adalah pemeriksaan HSG di bagian Radiologi RS Bunda yang kebetulan ditangani oleh Dr Tenri Abeng.

Untuk orang awam seperti saya, tentu bertanya-tanya, seperti apa HSG itu, yang paling mendasar apakah ‘menyakitkan’?? hehe.. untunglah dokter ivan memberi jurus ampuh, yaitu, minum Ponstan 1jam sebelum pemeriksaan.

Hari H pada saat pemeriksaan, terus terang deg-degan banget (karena emang belum pernah), setelah mengisi form pemeriksaan, suster mempersilahkan saya untuk menuju ruang radiologi. Didalam saya harus mengenakan pakaian khusus, biar steril dan memudahkan pemeriksaan, yang paling penting suami nggak boleh menemani lho..katanya sih ruang radiasi bahaya untuk orang-orang yang tidak berkepentingan hehe.. dlanjut ya, setelah berpakaian khusus itu, saya disuruh berbaring d ujung bawah tempat tidur dan dokter mulai melancarkan aksinya, yaitu memasang serangkaian alat di miss v dan menyemprotkan cairan yang di analogikan sebagai sperma. Untuk mengurangi rasa tegang, saya putuskan untuk tidak ‘mengintip’ proses yang dilakukan dokter, yang ada hanya pasrah dan berdoa…sambil nafas teratur…

Setelah cairan disemprotkan, saya dibantu suster untuk naik ke ujung atas tempat tidur, untuk mendekati mesin foto rontgen, posisi pas naik nggak boleh lepas dari tempat tidur, harus nempel sambil meringsek ke atas. Mulailah si mbak yang bagian mem-foto, dengan arahan dokter tenry abeng dengan jiwa keibuannya yang berusaha menenangkan pasien..hiks.. mencari posisi yang pas dengan ‘seragamnya’ yang seperti densus88, lengkap dengan rompi+kacamata, biar tidak terkena radiasi tentu saja, Setelah dicari yang pas (posisi terlentang), di ambil fotonya, jangan lupa ya sambil tahan napas. Posisi yang lain kaki kanan ditekuk sedikit ke arah kiri, di foto, dilanjutkan kaki kiri ditekuk sedikit kearah kanan dan difoto lagi. Selesai deh.. sebernarnya prosesnya nggak lama kok, sekitar ± 15 menitan, setelah itu kita dikasih pembalut untuk menampung cairan yang keluar. Saatnya kita keluar sambil menunggu hasil foto HSG, sekitar 30 menitan, total biaya 650 rb, hasilnya alhamdulilah kedua tuba patent.

Setelah mendapat hasil, saatnya bikin appointment dengan dr ivan, dan pilihan yang ada dari kondisi kita berdua adalah inseminasi yang akan dilakukan setalah lebaran. Semoga ada hasil yang membahagiakan,amin3x…     to be continued…..

 

Nur Faizah

Share


 

Comments   

 
0 # Guest 2011-08-01 08:06
HSG kl yg tidak bermasalah memang tidak sakit & merasakan apa2. Tapi kl yg bermasalah spt teman saya yg tersumbat bisa merasakan sakit bahkan hampir pingsan kt nya. Untungnya saya dulu pas HSG jg ga merasakan apa2 alias lancar jaya... :d Tapi pas itu saya belum kenal Dr. Ivan jd HSG nya di RS lain. Prosesnya sedikit berbeda, kl saya langsung berbaring di t4 yg sudah terhubung dng monitor jd bisa lihat pergerakan cairannya, jd ga harus dituntun saat naek t4 tidur.. :d
Bagi yg mau HSG sebaiknya perut jgn kosong yaa... & jgn pernah takut ;)
 
 
0 # Guest 2012-11-13 21:44
aku takut........gi mana ya biar ga takut melewati serangkaian pemeriksaan trans v dan HSG....hiks...
 
 
0 # Guest 2013-03-01 20:44
OMG, takut bgt.. Tuhaan...
 
 
0 # Guest 2013-04-04 22:00
Aku takut bgt, yg bener yg mana? Sakit or gak?
 
 
+1 # Guest 2013-04-11 08:07
kemarin aq sdh selesai rontgen hsg, sakit bgt menurutku, sampai guling kanan guling kiri, pusing dan sempet muntah, ada darahnya jg, mungkin krn dokternya sdh lumayan berumur jd kurang pakai perasaan, dokternya perempuan n kayaknya lg ada masalah sm tempat kerjanya, soalnya pas nangani aq dokternya masih sempet2nya nerima telpon n malah sambil ngobrol marah2 sm staff soal masalah di tempat kerjanya itu, aq jg gk dikasih obat penahan rasa sakit, penanganan dimulai jam 5, tp krn aq kesakitan jd aq dikasih ruang istirahat sm staffnya, aq baru bisa bangun jam 7, pagi ini aq nekad masuuk kerja coz muridku senin bsk mau ujian nasional, jd kupaksaain juga masuk buat ngajar, walau sebenarnya ni perut rasanya masih sakit n kenceng bgt, dipakai buat jalan sakit euy, tp bismillah...
 
 
+1 # Guest 2013-04-11 08:09
mudah2an ikhtiar ini barokah dan tidak sia-sia, insyaalloh... mhn do'anya ya teman2, semoga aq dan suamiku segera diberikan momongan oleh alloh ta'ala, aamiin..
oiya, kmrn aq rontgen hsg nya di solo, inisialnya B-S, dokternya perempuan inisial nama depannya r, :)
kalau mau rontgen pilih2 dokternya ya teman, semoga mendapat dokter yg lebih pengertian dari dokter yg menanganiku, :) semangaaaat :D
 
 
-1 # Guest 2013-09-07 20:42
q takuttttttttt
sakitnya kayak apa kok sampek pengen muntah dan ada darahnya juga? sakitnya di bagian mana bunda dan calon bunda...
 
 
0 # Guest 2013-10-25 11:45
mau tanya, pemeriksaan hsg yg bagus di solo di RS apa n dokternya siapa..alamatny a dimana. Mohon bantuan.
 
 
0 # Guest 2014-01-16 19:19
Aq blm jg dpt momongan, aq bru aja melakukan hsg, gak ada trasa apa2, dan gak ada jg di kasih obat, mkin dokter nya brpengalaman, q di suruh relax n buka mulut spya gak ngejan, hasilnya tuba q bgus, cma posisi uterus hiperanteflexi, bisa hmil gak ya klo hiperanteflexi,
 
 
0 # Guest 2014-01-16 19:37
Stlah melakukan pemeriksaan hsg, q disuruh melakukan fisioterapi 20x sm dokter, ktanya u menghangatkan rahim, q prgi ke bagian fisioterapi, katanya gak boleh krn bisa trjadi pendarahan, q bingung, smpai saat ini aku blm mnjlankan terapi fisioterapi, mhn info nya donk, soalnya lg bingung n tkut jg.
 

Add comment


Security code
Refresh

 
Content View Hits : 398760
2011 dr ivan clinic . all rights reserved

Designed by ideseni webdeveloper by dinartdesign