Berikut Adalah Perkembangan Janin Semester 2

Selamat ya ibu, sekarang usia kandungan ibu telah memasuki minggu ke 14. Memasuki trimester kedua ini tentu ibu jauh lebih senang dalam menjalani masa kehamilan bukan? Karena beberapa gejala kehamilan yang tidak mengenakan seperti morning sickness dan semacamnya sudah mulai berkurang, tidak separah pada trimester pertama kemarin. Selain itu, tentunya ibu juga penasaran dengan perkembangan janin selama trimester kedua ini. untuk itu, berikut uraian mengenai perkembangan janin selama trimester kedua ini.

• Minggu ke 14
Ukuran bayi kurang lebih 10 cm dan beratnya kurang dari 50 gram. Organ reproduksi janin ibu sudah semakin terbentuk, sudah mulai semakin jelas jenis kelamin kandungan ibu. Selain itu hati bayi ibu juga sudah mulai memproduksi empedu sementara limfa mulai memproduksi sel darah merah. Bentuk dagu dan leher pun sudah mulai terlihat jelas bentuknya. Pada usia minggu ini juga bayi ibu mulai banyak bergerak namun mungkin ibu belum bisa merasakannya dengan jelas. Dan keluhan-keluhan mual sudah mulai berkurang, lebih sering terasa panas di dada, perut kembung. Ibu juga sudah mulai sulit tidur karena gerakan-gerakan bayi di dalam rahim. Tetapi karena sudah memasuki Trimester 2, kemungkinan keguguran sudah berkurang.

• Minggu ke 15
Minggu ini ukuran bayi Anda panjangnya sekitar 12 cm dan beratnya sekitar 57 gram. Tulang-tulang sudah bertambah panjang, kulitnya masih tipis dan transparan. Dan mulai tumbuh rambut halus mulai pada tubuh bayi yang disebut Lanugo, termasuk bagian kepala yang sudah mulai muncul sedikit rambut-rambut. Di minggu ini sebaiknya posisi tidur ibu miring supaya tidak menggangu peredaran darah di tubuh. Dan kadang ibu merasakan kontraksi yang tidak nyeri, yang disebut kontraksi Braxton Hicks. Ini merupakan persiapan tubuh untuk masa lahiran nanti. Tapi bila kontraksi timbul lebih dari 5 kali per jam, dan teratur, atau bila disertai dengan kram hebat atau nyeri punggung, sebaiknya segera kontak dokter Anda.

• Minggu ke 16
Janin ibu pada minggu ke 16 ini semakin aktif dan banyak bergerak. Seperti gerakan memasukan jari ke dalam mulut kecilnya tersebut, menguap, atau tersenyum dan gerakan-gerakan lainnya, karena otot wajah sudah terbentuk. Ginjalnya sudah berfungsi dan memproduksi urine. Di perut, kandung empedu sudah menghasilkan cairan empedu. Ukuran bayi sebesar 13,5 cm dan berat sekitar 70 gram. Di minggu ini gerakan bayi sudah lebih terasa, meskipun tidak bisa dibedakan antara tendangan atau cegukan. Dan ibu merasakan nyeri di perut maupun punggung. Payudara membesar dan terasa nyeri karena sudah terisi susu. Dengan berlanjutnya hormone kehamilan, ibu akan merasakan nyeri kepala, pusing dan mungkin perubahan mood.

• Minggu ke 17
Kulit tubuh bayi ibu masih terlihat transparan. Selain itu, pada minggu ini terbentuk cadangan lemak dibawah lapisan kulit janin. Cadangan lemak ini berfungsi untuk memberi rasa hangat serta sebagai salah satu sumber energi tubuh bagi si janin. Telinga bayi sudah tampak, dan bayi sudah bisa mendengarkan suara-suara di sekitarnya. Sekarang ukuran bayi sebesar 14 cm dan beratnya 110 gram. Dan bagi kebanyakan ibu, saat itu sudah bisa merasakan tendangan sang bayi.

• Minggu ke 18
Pada minggu ini, perkembangan pendengaran sang bayi sangat menakjubkan, iya mulai bisa mendengar suara dari luar tubuhnya, mungkin ini awal ibu untuk bisa memperdengarkan musik bagi sang janin. Selain itu, sidik jari sang janin pun juga mulai terbentuk pada minggu ini. Bila bayi anda perempuan maka uterus dan saluran tuba falopii sudah turun pada tempatnya, dan bila bayi anda laki-laki maka sudah bisa dideteksi dengan USG meskipun belum terlalu jelas. Panjang bayi anda sekitar 16 cm dan beratnya 160 gram. Dengan semakin membesarnya perut maka mulai timbul stretch marks dan kulit terasa gatal. Dan kehamilan berpengaruh pada sistem jantung dan pembuluh darah Anda, sehingga bisa timbul tekanan darah rendah , sehingga bila akan bangun dari tidur atau posisi duduk menjadi berdiri sebaiknya pelan-pelan supaya mengurangi rasa pusing yang disebabkan tekanan darah rendah tadi.

• Minggu ke 19
Di minggu ini akan terlihat semakin jelas jenis kelamin janin ibu. Jika perempuan maka vagina, uterus, dan tuba falopi telah terlihat dan terbentuk sebagaimana mestinya organ reproduksi wanita, serta ovarium yang telah berisi dengan 6 juta sel telur. Jika janin ibu berjenis kelamin laki-laki maka testis telah terbentuk dan menghasilkan hormone testosteron. Panjang bayi sekitar 17,8 cm dan beratnya sekitar 200 gram. Ibu mulai merasakan nyeri tajam di daerah perut atau pinggul bahkan sampai selangkangan yang dikenal dengan round ligament pain.

• Minggu ke 20
Pada minggu ke 20 ini Di minggu ini kulit tubuh janin ibu dilapisi oleh vernix caseosa. Lapisan tersebut melindungi kulit bayi ibu dari paparan cairan ketuban. Dan organ-organ yang terbentuk sudah mulai pada tempatnya, ginjal berbentuk kacang dan sudah mencapai tempatnya begitu pula testis pada bayi laki-laki sudah berada tempatnya atau ovarium pada bayi perempuan sudah pada tempatnya. Otak sang bayi akan semakin tumbuh dan terbentuk. Giginya pun sudah terbentuk dan bayi sudah bisa menelan cairan ketuban, sehingga di minggu ini sudah menghasilkan meconium (feses bayi) yang berwarna hijau atau hitam. Berat badan Anda akan naik sekitar 230 – 450 gram per minggu. Sedangkan panjang bayi Anda sudah 19,7 cm dan 260 gram.

• Minggu ke 21
Tubuh bayi akan ditumbuhi bulu halus yang disebut lanugo, dan tumbuh jaringan lemak yang membuat hangat dan sebagai bantalan di dalam rahim, Kelopak mata masih sudah terbentuk tapi masih tertutup. Bayi sudah bisa menelan cairan ketuban, selain akan mematangkan saluran pencernaan juga mendapatkan asupan kalori. Jika bayi anda perempuan, maka sudah terbentuk vagina yang kemudian akan berkembang sampai saat lahir. Sekarang sang jabang bayi sudah tumbuh sepanjang 21,6 cm dan beratnya mencapai 340 gram.
Saat ini betis dan kaki akan membengkak di penghujung hari, untuk mengurangi terjadi pembengkakan sebaiknya sering duduk dan berisitrahat. Dan kadang bisa timbul jerawat di wajah ataupun minyak di wajah bertambah, sebaiknya cuci muka dengan sabun dan air dua kali sehari. Nyeri payudara dan perut sudah berkurang, begitu pula keluhan mual.

• Minggu ke 22
Jantung janin semakin sempurna, setelah terbentuk pada kisaran waktu 5 minggu usia kehamilan. Kini jantung mulai bekerja memompa darah. Di minggu ini rambut di alis mulai tumbuh walau masih berwarna putih karena belum berpigmen. Paru-paru sudah semakin matang. Bibir sudah tampak lebih jelas. Kelopak mata dan alis mata sudah pada tempatnya. Panjang bayi sekarang sekitar 25 cm dan beratnya 400 gram.
Di minggu ini sebaiknya sudah mencari tahu informasi mengenai persiapan persalinan.

• Minggu ke 23
Janin ibu mulai berlatih bernafas dan menghisap cairan amniotic kedalam paru-parunya pada minggu ke 23 ini. bayi ibu juga bergerak semakin aktif di dalam perut ibu, seperti gerakan memegang tali pusarnya dan gerakan aktif lainnya yang bisa ibu rasakan. Pendengaran sudah semakin tajam. Dan bila bayi lahir premature di minggu ini, kemungkinan bayi lahir hidup sekitar 25 – 35%. Panjang bayi saat ini sekitar 28 – 36 cm dan beratnya 450 gram.
Hati-hati bila mulai terasa kontraksi, karena bisa terjadi kelahiran premature. Kelahiran premature bila bayi lahir di usia kehamilan di bawah 37 minggu. Bila mulai terasa kontraksi, untuk menguranginya dengan banyak minum dan tidur lebih awal. Bila terasa makin parah, sebaikya bedrest . Dengan posisi kaki lebih tinggi akan membuat leher rahim ( cervix ) relax, dan tiduran akan memperlancar aliran darah.

• Minggu ke 24
Di minggu ini kelopak mata bayi ibu sudah terlihat jelas, terlihat seperti memisah sebagaimana bentuk kelopak mata manusia. di usia kehamilan ini pula rambut asli (bukan lanugo) mulai muncul, bayi ibu juga akan memiliki bulu mata. Dan otak tumbuh dengan cepat. Indera pengecap sudah mulai terbentuk. Dan paru-paru sudah berkembang lebih kompex, membentuk cabang utama yang menbentuk sel yang memproduksi zat surfaktan. Yang fungsinya mengurangi tekanan pada paru-paru supaya tidak kolaps di akhir pernafasan. Pada bayi yang lahir premature sering mengalami kesulitan bernafas karena kurangnya surfaktan ini. Panjang bayi sekitar 32 cm dan beratnya sekitar 600 – 700 gram.
Rahim ibu sekarang sekitar 5 cm di bawah pusar. Kulit perut semakin teregang, sehingga menyebabkan rasa gatal, yang juga dipicu oleh kulit kering. Bisa dioleskan lotion atau pelembab di area perut. Kadang-kadang mata juga terasa lebih kering, boleh ditetes dengan tetes mata yang berisi air mata artificial untuk melembabkan mata.

• Minggu ke 25
Memasuki usia kehamilan minggu ke 25 ini, lubang hidung bayi ibu sudah mulai terbuka dan mulai mengambil nafas walu masih menghirup cairan amniotic, namun ini merupakan latihan pernafasan untuk dirinya bernafas ketika lahir kelak. kulit tubuh bayi ibu juga masih tipis dan tampak pucat namun tidak seluruhnya nampak pucat karena ada warna sedikit kemerahan karena terlihatnya pembuluh darah dibalik kulit tersebut. Panjang bayi 33 cm dan beratnya 700 – 800 gram.
Sebaiknya ibu hamil berlatih Kegel untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan menyehatkan daerah vagina dan sekitar anus. Caranya dengan mengencangkan otot-otot di sekitar vagina dan anus, ditahan selama 8 sampai 10 detik.

• Minggu ke 26
Kelopak mata bayi sudah terpisah dan matanya pun mulai terbuka. kemudian, hal menakjubkan lainnya adalah pembuluh darah kapiler yang berada dibawah lapisan kulit mulai dialiri darah. Testis bayi laki-laki akan mulai turun ke kantungnya. Panjang bayi 34 cm dan beratnya 900 gram.
Berat ibu sudah harus bertambah 7,25 – 10 kg. Muka, tangan, kaki dan pergelangan kaki bisa mulai bengkak, ini disebabkan tubuh menahan cairan supaya volume aliran di dalam tubuh tetap tinggi.

• Minggu ke 27
Retina mata bayi semakin sempurna untuk menangkap cahaya yang berguna untuk penglihatan sang bayi ketika lahir kelak. semua sistem saraf dan organ pernafasan terus berkembang semakin sempurna. Bayi makin aktif bergerak, saat masa aktif pergerakan sekitar 10 kali per jam. Bila pergerakan bayi kurang dari 10 kali, minumlah jus, kemudian hitung lagi jam berikutnya. Bila setelah 1 – 2 jam pergerakannya kurang dari 10 kali, sebaiknya kontrol ke dokter anda. Panjang Bayi 35 cm dan beratnya sudah mencapai 1 kg.

• Minggu ke 28
Memasuki minggu terakhir di trimester kedua ini, perkembangan bayi ibu semakin sempurna. Pendengaran bayi semakin sensitive, begitu juga dengan penglihatan yang semakin sempurna. Sistem imun bayi pun semakin terbentuk untuk terus menghasilkan antibody untuk dirinya sendiri. Panjang bayi sekitar 36 cm, dan beratnya 1,13 kg.

Demikian perkembangan janin di usia kehamilan minggu ke 14 hingga minggu ke 28. Mungkin bagi ibu di trimester kedua ini merupakan saat yang sangat menyenangkan karena ibu sudah bisa mengajaknya berbicara, merasakan gerakan-gerakan sang janin, dan lain sebagainya.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >