Garis Hitam di Perut Saat Kehamilan, Wajarkah?

Garis Hitam di Perut Saat Kehamilan, Wajarkah?

Selama kehamilan, Bunda akan mengalami begitu banyak perubahan pada diri Bunda, baik secara fisik dan mental. Pada masa-masa ini, Bunda akan merasa lebih mudah lelah, punggung mudah pegal, mudah merasa kesal, kaki yang terasa membengkak, dan tentunya perut yang semakin membesar setiap harinya.

Saat memperhatikan perkembangan perut, Bunda bisa melihat berbagai perubahan yang terjadi, seperti pusar yang timbul keluar hingga munculnya garis vertikal berwarna gelap.

Apakah garis tersebut pertanda dari suatu ‘penyakit’? Perlukah Bunda khawatir akan garis panjang tersebut?

Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Garis Hitam di Perut saat Hamil?

‘Garis kehamilan’, atau yang lebih dikenal dengan bahasa kedokterannya linea nigra adalah garis berwarna hitam yang muncul secara vertikal pada perut seorang wanita di saat sedang hamil.

Linea nigra sebetulnya biasanya memang sudah ada pada perut seorang wanita, namun Bunda mungkin tidak sadar memilikinya karena warnanya yang menyerupai warna kulit Bunda.

Namun, beda halnya dengan saat hamil. Garis ini disebut dengan linea alba atau garis putih. Linea nigra biasanya muncul dari sekitar ulu hati, melewati pusar sampai ke tulang kelamin.

Penyebab Munculnya Garis Kehamilan

Garis kehamilan memang wajar muncul saat seorang wanita mengalami kehamilan, sehingga Bunda tidak perlu khawatir jika memiliki garis kehamilan.

Tidak ada penyebab jelas maupun penjelasan munculnya garis kehamilan, namun para dokter percaya bahwa hal tersebut dapat muncul karena perubahan-perubahan hormon disaat Bunda mengalami kehamilan.

Ada yang menganggap bahwa hormon yang menstimulasi sel melanosit yang diciptakan oleh tali pusar adalah salah satu faktor penyebab munculnya garis tersebut.

Hormon ini juga dipercaya sebagai penyebab menggelapnya kulit sekitar puting payudara diasat hamil.

Kapan Garis Hitam di Perut ini Muncul pada Ibu Hamil?

Kebanyakan wanita hamil akan mulai melihat linea nigra muncul sekitar akhir dari trimester pertama, dan bagi sebagian lain muncul setelah trimester ketiga, dan bagi beberapa wanita bahkan linea nigra bisa tidak muncul sama sekali.

Baca Juga: Kehamilan Lewat Waktu, Sampai Kapan Persalinan Harus Ditunggu?

Bagaimana Cara Menghilangkan Garis Hitam di Perut atau Linea Nigra?

Jika Bunda khawatir akan penampilan badan Bunda dan merasa garis tersebut cukup mengganggu penampilan Bunda, tenang saja, karena garis tersebut memang akan hilang dengan sendirinya setelah Bunda melahirkan, biasanya setelah 4-6 bulan pasca melahirkan.

Hanya saja, linea nigra memang bisa menghilang sedikit lebih lama jika Bunda sedang menyusui, sering terkena sinar matahari dan memiliki warna kulit gelap.

Bunda mungkin pernah mendengar bahwa garis kehamilan yang muncul pada perut Bunda bisa digunakan untuk menebak jenis kelamin dari bayi dalam perut Bunda.

Apakah hal itu benar? Tentu saja hal tersebut hanyalah sekedar mitos. Perlu Bunda ketahui bahwa cara paling efektif untuk mencari tahu jenis kelamin dari bayi dalam kandungan Bunda adalah dengan melakukan USG.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >