Key Resources & Key Activities dalam Layanan Dokter

Key Resources & Key Activities untuk Dokter

Sebelumnya kita sudah membahas komponen business model canvas, yaitu channels & customer relationship. Komponen berikutnya yang perlu kita pahami selanjutnya adalah key resources dan key activities.

Kedua hal tersebut disebut juga sebagai sumber daya kunci dan aktivitas kunci. Bagaimana kedua hal ini bisa membuat layanan dokter menjadi lebih baik?

Yuk langsung saja kita bahas!

Apa itu Key Resources & Key Activities?

Dilansir dari situs Gary Fox, key resources atau sumber daya kunci adalah aset utama yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat produk akhir. Apa sumber daya yang Anda butuhkan dan bagaimana Anda mendapatkannya dapat memberikan efek signifikan pada model bisnis secara menyeluruh.

Untuk menentukan key resources, ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk menyampaikan value proposition ke pelanggan?
  • Apa sumber daya utama yang dibutuhkan oleh saluran/channel pemasaran dan distribusi?
  • Apa sumber daya utama yang dibutuhkan untuk menjaga customer relationship yang baik?
  • Bagaimana sumber daya utama itu bisa mendukung aliran pendapatan yang masuk?

Sedangkan key activities atau aktivitas kunci adalah proses, pekerjaan, dan aktivitas yang akan diidentifikasi sebagai produk atau layanan Anda oleh pelanggan.

Tidak semua aktivitas dalam bisnis memberikan value meskipun terlihat penting. Key activities berfokus pada pekerjaan yang perlu dilakukan untuk menyampaikan value proposition dan mencapai tujuan bisnis secara menyeluruh.

Jenis-jenis Key Resources dalam Business Model Canvas

Ada empat jenis key resources utama yang umumnya dimiliki oleh bisnis atau perusahaan, yaitu:

1. Sumber Daya Finansial/Keuangan

Sumber daya finansial atau keuangan adalah dana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Hal ini mencakup modal awal, pinjaman, pendanaan dari investor, dan pendapatan dari penjualan.

Tanpa sumber daya keuangan yang cukup, bisnis mungkin akan sulit untuk dijalankan dan berkembang.

2. Sumber Daya Fisik

Sumber daya fisik merupakan barang atau aset fisik yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan operasi bisnis/perusahaan Anda. Barang ini bisa berupa gedung, mesin, peralatan, atau persediaan produk.

Misalnya, sebuah restoran memerlukan dapur, meja, kursi, dan peralatan memasak sebagai sumber daya fisik.

3. Sumber Daya Intelektual

Selanjutnya adalah sumber daya intelektual yang melibatkan pengetahuan, keahlian, dan properti intelektual yang dimiliki oleh bisnis. Hal ini meliputi hak paten, merek dagang, dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh, perusahaan teknologi mungkin memiliki hak paten untuk produk inovatif mereka sebagai sumber daya intelektual.

4. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah orang-orang di belakang operasi bisnis Anda. Ini termasuk pemilik, manajer, karyawan, dan konsultan. Mereka membantu menjalankan bisnis dan memberikan kontribusi penting terhadap keberhasilannya. 

Contohnya adalah seorang ahli keuangan yang membantu mengelola keuangan bisnis.

Jenis-jenis Key Activities dalam Business Model Canvas

Selain itu, ada juga beberapa jenis dari key activities sebagai berikut:

1. Produksi

Produksi merupakan aktivitas yang umumnya terkait dengan perusahaan manufaktur dan melibatkan perancangan, pembuatan, dan pengiriman produk kepada pelanggan.

Beberapa contoh perusahaan yang mengandalkan produksi sebagai aktivitas kunci adalah produsen mobil, produsen elektronik konsumen, dan perusahaan farmasi. Mereka fokus pada menciptakan produk berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Pemecahan Masalah

Aktivitas Kunci berikutnya adalah problem solving atau pemecahan masalah. Banyak perusahaan jasa, seperti konsultan, rumah sakit, klinik kesehatan, dan spa yang bertujuan untuk memecahkan masalah pelanggan dengan cara yang unik.

3. Platform/Jaringan

Aktivitas kunci ketiga adalah platform/jaringan. Apakah Anda pernah memperhatikan seberapa banyak bisnis dengan nilai tertinggi mengandalkan model bisnis platform? 

Facebook, Alibaba, eBay, dan banyak perusahaan bernilai miliaran dolar lainnya adalah contoh dari bisnis yang berfokus dalam menyediakan platform. 

Bagaimana Penerapannya dalam Layanan Dokter?

Tidak hanya dalam bisnis, key resources dan key activities juga penting dalam memberikan layanan dokter yang efektif dan produktif. Contohnya pada layanan dokter adalah fasilitas di rumah sakit, perawat, hingga sistem administrasi.

Untuk bisa memberikan layanan yang memuaskan pasien, dokter bukan hanya memerlukan ilmu dan pengalaman yang banyak. Namun, dokter juga membutuhkan sumber daya dan aktivitas penunjang yang mendukung.

Sebagai contoh, dokter memerlukan sistem penjadwalan konsultasi yang baik, sehingga baik dokter maupun pasien tidak sering terlambat datang ke rumah sakit atau klinik.

Contoh yang lain, dokter juga memerlukan perawat yang bisa memberikan edukasi yang baik untuk pasien, sehingga bisa meringankan tugas dokter dalam memberi penjelasan ke pasien, dan membantu pasien lebih paham dengan kondisi yang perlu dipahaminya.

Dengan memahami sumber daya kunci dan aktivitas kunci, dokter bisa mengidentifikasi apa sumber daya dan aktivitas yang relevan dengan kepuasan pasien dan masih bisa ditingkatkan lagi.

Hasilnya, dokter dapat memastikan bahwa pasien merasa puas dan senang.

Identifikasi Key Resources dan Key Activities Layanan Anda

Channels dan customer relationships merupakan hal yang akan menyampaikan value yang kita tawarkan ke pelanggan. Oleh karenanya hal ini perlu dirancang dengan baik dan penuh pertimbangan.

Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas mengenai revenue dan cost.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari entrepreneurship dari sudut pandang dokter, jangan lupa cek artikel lainnya serta follow dan subscribe TikTok, Instagram dan Youtube dr. Ivan Sini ya!

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >