Adakah Manfaat Genomik untuk Hewan dan Tumbuhan?

Adakah Manfaat Genomik untuk Hewan dan Tumbuhan?

Kita telah banyak membicarakan mengenai genomik untuk manusia. Tapi, apakah bisa kita memeriksa profil genomik dari tumbuhan atau hewan peliharaan kita?

Yuk langsung saja kita bahas ya!

Bisakah Genomik Diterapkan pada Hewan dan Tumbuhan?

Genomik merupakan cabang ilmu biologi yang dapat diterapkan pada semua makhluk biologis. Oleh karenanya, penelitian genom tidak hanya terbatas pada manusia saja.

Hewan dan tumbuhan juga memiliki genom yang dapat kita pelajari untuk bisa memahami profil genomiknya. Namun, tentunya profil genomik hewan dan tumbuhan pasti berbeda dengan manusia.

Setiap makhluk hidup memiliki karakteristik genom yang unik dan berbeda-beda.

Lalu, apa saja manfaat genomik untuk hewan dan tumbuhan?

Baca Juga: Apa Itu Genomik dan Manfaatnya untuk Manusia

Manfaat Genomik pada Hewan dan Tumbuhan

Sama seperti pada manusia, genom dapat memberikan informasi yang sangat berharga untuk mengetahui karakteristik dari tubuh suatu individu.

Misalnya saja pada hewan sapi. Dengan penelitian genom seekor sapi, kita bisa mengetahui apakah sapi tersebut memiliki bakat atau potensi seperti:

  • Memiliki kualitas daging yang baik dan sehat
  • Dapat tumbuh besar dengan cepat
  • Mengkonversi asupan makanan menjadi daging dengan efisien
  • Tahan terhadap berbagai jenis penyakit sapi
  • Dapat beradaptasi dengan baik pada iklim tertentu.

Manfaat genomik pada tumbuhan pun juga tidak berbeda jauh. Kita bisa mengetahui potensi suatu varietas tumbuhan, seperti misalnya:

  • Dapat menghasilkan buah berkualitas dan memiliki rasa yang enak
  • Memiliki masa panen yang lebih cepat
  • Mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan tertentu
  • Menghasilkan hasil panen yang lebih banyak dengan sumber daya yang sama.

Itulah beberapa manfaat penerapan genomik pada hewan dan tumbuhan.

Ilmu ini dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ketersediaan dan ketahanan pangan dunia, ditengah peningkatan populasi dan perubahan iklim global.

Adakah Manfaat Genomik untuk Hewan Peliharaan?

Tadi kita sudah membahas peran genomik untuk hewan dan tumbuhan dari sisi pangan. Lalu, bagaimana perannya pada hewan peliharaan kita?

Tentu saja, genomik juga memiliki manfaat yang bisa diberikan pada hewan peliharaan. Yang pertama adalah untuk memeriksa kemurnian ras atau traits dari hewan peliharaan.

Sebagai contoh, misal kita memiliki anjing Siberian husky atau kucing British short hair. Tentunya kita penasaran, apakah anjing atau kucing kita memiliki persentase traits yang tinggi dari ras tersebut.

Dengan demikian, kita bisa tahu kemurnian ras dari anjing atau kucing kita.

Manfaat yang berikutnya adalah untuk mengetahui potensi risiko penyakit yang dimiliki hewan peliharaan tersebut. Karena, tidak hanya manusia yang memiliki risiko penyakit genetik.

Dengan mengetahui profil genomiknya, kita bisa tahu apakah hewan peliharaan kita memiliki risiko penyakit seperti diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, atau penyakit lainnya.

Pelajari Peran Genomik untuk Makhluk Hidup Non-manusia

Seiring dengan berkembangnya ilmu genomik, semakin banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Dari yang awalnya hanya berfokus pada manusia, sekarang genomik juga bermanfaat dan dapat diterapkan pada makhluk hidup non-manusia.

Jika Anda tertarik untuk mengenal genomik lebih lanjut, jangan lupa cek artikel lainnya serta follow dan subscribe TikTokInstagram dan Youtube dr. Ivan Sini ya!

 

Terakhir diperbarui pada: 24 Agustus 2023

Telah ditinjau oleh: dr. Muliawan Yoeko

Recent Posts