3 Langkah Cermat Mempersiapkan Kehamilan

3 Langkah Cermat Mempersiapkan Kehamilan

Teknlogi canggih dapat menunjang dan mendukung perencanaan kehamilan, akan tetapi jangan menyepelekan praktik gaya hidup sehat mendasar dalam mempersiapkan kehamilan. Misalnya, meminum vitamin setiap hari sebelum masa kehamilan dan sepanjang masa kehamilan termasuk hal yang penting.

Asam folat yang terdapat di dalam vitamin yang diperuntukkan konsumsi ibu hamil, dapat menghilangkan risiko kecacatan lahir pada otak dan tulang belakang janin secara bermakna, hingga 50-70%. Di Amerika sejak tahun 1998, seluruh produk sereal telah diperkaya dengan asam folat. Sejak itu, angka kejadian kecacatan tulang belakang telah menurun 26%.

Semua itu membuat perencanaan kehamilan menjadi penting. Perencanaan pra-kehamilan dilakukan dengan mengunjungi penyelenggara kesehatan, seperti dokter kandungan, dokter umum, bidan, untuk evaluasi medis lengkap, termasuk evaluasi riwayat medis lengkap, sebelum kehamilan terjadi.

Mempertimbangkan pengaruh dari kondisi yang telah ada dan obat yang sekarang diminum terhadap kehamilan

Perencanaan sebelum kehamilan merupakan waktu bagi kita untuk memikirkan bagaimana menyembuhkan atau meringankan kondisi medis yang sedang diderita, seperti depresi, diabetes ataupun epilepsi. Perempuan dengan diabetes misalnya, berisiko melahirkan anak dengan penyakit jantung dan pembuluh darah bila kadar gula darah perempuan tersebut didak terkontrol baik sebelum dan saat kehamilan berlangsung.

Selain itu, beberapa obat anti-kejang dapat menimbulkan kecacatan pada bayi dengan memengaruhi prduksi asam folat sang ibu. Dan di akhir tahun 2005, badan POM Amerika Serikat memperingati wanita-wanita hamil untuk tidak menggunakan paroxetine (Paxil), suatu obat anti-depresi yang popular, saat kehamilan, karena berisiko tinggi menimbulkan kecacatan.

Bukti-bukti ini bukan menjadi alas an untuk menghentikan semua pengobatan saat kehamilan. Pada umumnya, ada obat alternatif lain yang dapat digunakan, dan terkadang, mengobati kondisi medis, seperti diabetes, dapat lebih menguntungkan, daripada menghindari risiko medis akibat efek samping obat. Penyelenggara kesehatan harus dilibatkan dalam memutuskan untuk meminum atau menghentikan penggunaan suatu obat.

Memahami bahwa berat badan dapat memengaruhi peluang untuk hamil

Masa pra-kehamilan juga merupakan masa untuk memperbaiki berat badan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa berat badan berlebih meningkatkan risiko untuk mengidap diabetes saat kehamilan. Sebaliknya, berat badan yang kurang dapat memengaruhi kesuburan.

Hindari rokok sebelum kehamilan

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko bayi dengan berat lahir rendah, tetapi juga risiko untuk mengidap sindroma Down dan kecacatan lahir lainnya.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >