Ibu Hamil, Yuk Berolahraga!

Olahraga saat hamil

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan adalah hal penting, karena kondisi tubuh sang ibu akan mempengaruhi keadaan sang janin juga. Perut yang kian hari kian membesar tidak jarang membuat sebagian ibu hamil malas untuk berolahraga dikarenakan merasa ruang untuk bergeraknya terbatas.

Tidak hanya itu, proses melahirkan akan terasa lebih sulit atau tidak nyaman bagi mereka yang malas berolahraga dibandingkan mereka yang rutin menjalankan olahraga selama masa kehamilan. Olahraga dapat memperkuat otot tubuh untuk mengahadapi persalinan kelak.

Banyak jenis olahraga yang dapat dipilih, namun perlu diperhatikan bagi ibu hamil untuk menghindari jenis olahraga yang terlalu keras. Pilihlah olahraga yang aman untuk dilakukan seperti senam. Khususnya senam aerobic dengan ritme lambat atau biasa disebut dengan aerobic low impact menjadi salah satu rekomendasi untuk dilakukan para ibu hamil.

Pasalnya, dalam aerobic low impact ini gerakan seperti menendang dan melompat yang terbilang sangat berisiko untuk ibu hamil tidak ada dalam aerobic ini. Dalam gerakan senam aerobik low impact ini salah satu kaki selalu berada dan menapak di lantai setiap waktu, guna menjaga keseimbangan tubuh sewaktu melakukan gerakan.

Beberapa manfaat yang bisa di dapat dari aerobic low impact ini adalah;

  • Meningkatkan stamina pada wanita hamil
  • Menguatkan otot jantung dan paru
  • Mengencangkan otot-otot
  • Meminimalisir rasa nyeri selama masa kehamilan
  • Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan
  • Menghilangkan rasa stress
  • Meningkatkan kualitas tidur

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) menyarankan untuk melakukan aerobic low impact ini minimal 30 menit sehari. Tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas aerobic low impact khusus kehamilan karena gerakan-gerakan yang dilakukan relatif lebih aman serta dalam pengawasan instruktur yang berpengalaman dan ahli dibidangnya. Selain itu, dengan mengikuti kelas aerobic tersebut ibu hamil dapat bertemu dengan para ibu hamil lainnya dan dapat bertukar cerita seputar kehamilan.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >