Memasuki Trimester 2

Berat Badan yang Terlalu Rendah Tidak Baik Bagi Kandungan Bunda

Memasuki bulan ke empat kehamilan artinya ibu telah memasuki masa trimester kedua kehamilan. Trimester kedua berlangsung ketika ibu hamil memasuki usia minggu ke 14 sampai dengan minggu ke 28 kehamilan. Pada masa ini, umumnya keluhan-keluhan yang dialami semasa trimester pertama kemarin mulai berkurang. Ibu mulai merasa terbiasa atau sudah beradaptasi baik dengan perubahan hormon yang dialami selama kehamilan. Seperti rasa mual atau yang biasa dikenal dengan morning sickness mulai berkurang di trimester kedua ini, kemudian tingkat nafsu makan ibu juga sudah mulai kembali normal.

Selain keluhan kehamilan yang berukurang. Terdapat beberapa perubahan yang mungkin dirasa aneh yang akan dialami oleh ibu di trimester kedua. Perubahan yang sangat jelas terlihat adalah perut ibu yang semakin membesar. Hal ini terjadi karena sang janin yang terus bertumbuh dalam rahim ibu. Akibat dari terus membesarnya perut ibu, maka akan muncul garis-garis bewarna gelap pada perut ibu. Garis yang memanjang dari pusar ibu sampai ke tulang pubis yang biasa disebut dengan linea nigra. Selain garis vertical tersebut, terdapat pula garis-garis halus bewarna merah keunguan yang dikenal dengan stretch mark. Munculnya garis-garis ini sangatlah normal karena efek dari merenggangnya kulit tubuh ibu akibat membesarnya perut.

Pada trimester kedua ini ibu akan mengalami peningkatan warna pigmen kulit. Sehinnga, kulit ibu hamil biasanya cenderung lebih gelap dari biasanya ketika sebelum hamil. Tidak hanya pada kulit tubuh, tapi peningkatan warna pigmen kulit juga terjadi pada wajah sehingga menimbulkan warna kecoklatan pada wajah. Pemakaian makeup untuk perawatan kulit wajah boleh-boleh saja tapi harus waspada dengan bahan-bahan kimia yang terdapat didalamnya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan yang terpercaya terlebih dahulu.

Tidak hanya perubahan pada warna kulit, perubahan tubuh lainnya pada trimester kedua ini adalah perubahan ukuran payudara ibu. Payudara ibu akan menjadi lebih besar dari sebelum masa kehamilan. Hal ini disebabkan meningkatnya hormone esterogen dan progesterone, serta meningkatnya kelenjar susu pada payudara ibu hamil. Pada saat ini payudara ibu sudah mulai memproduksi cairan kolostrum hingga saat masa menyusui nanti.

Rasa nyeri atau kram pada perut juga sering dialami oleh ibu hamil di trimester kedua ini. rasa kram muncul pertanda bahwa janin ibu dalam tahap perkembangan yang baik. Otot yang menopang rahim akan terus merenggang dan melebar selama masa kehamilan, ini salah satu dari penyebab rasa kram itu muncul. Namun ibu juga perlu waspada jika rasa kram terus terjadi hingga pada usia kehamilan memasuki minggu ke 20, segera lah berkonsultasi kepada dokter kandungan anda.

Daerah kewanitaan pun ikut mengalami perubahan pada trimester kedua. Bukan perubahan yang perlu dikhawatirkan. Karena yang terjadi adalah ketidak nyamanan akibat keputihan. Hal ini normal dan tidak membahayakan. Hanya saja jika keputihan tersebut disertau bau, bewarna, dan gatal maka ibu hamil perlu konsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikian, beberapa perubahan kondisi yang akan ibu hamil rasakan ketika memasuki minggu ke 14 kehamilan atau biasa dikenal dengan masa trimester kedua. Perubahan yang terjadi sifatnya sangat normal dan tidak membahayakan ibu dan janin. Hanya saja, jika ibu mengalami kondisi yang aneh dari seharusnya sangat dianjurkan untuk memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter kandungan yang terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >