Jenis-Jenis Nyeri Haid dan Cara Pengobatannya

PCOS Gangguan Siklus Haid dengan Laparoskopi

Nyeri haid dalam bahasa medis dikenal sebagai dysmenorhorea adalah merupakan gejala subyektif yang sangat berbeda diantara wanita. Umumnya nyeri ini adalah merupakan keluhan yang dapat merupakan manifestasi dari kondisi medis yang ada didalam panggul. Tetapi perlu ditekankan seringkali nyeri ini, karena merupakan gejala yang sangat subyektif, bisa tidak mempunyai kelainan medis apapun.

Jenis-Jenis Nyeri

Keluhan yang sering dirasakan adalah keram yang berlebihan terutama di daerah tengah dan bawah di perut. Nyeri ini datang bersamaan dengan keluarnya darah haid. Kadang kadang beberapa hari sebelum menstruasi  sudah mulai ada gejala awal. Ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon prostaglandin yang akan menimbulkan keram rahim. Ini adalah merupakan fenomena yang alami dan natural.

Adakalanya nyeri haid ini disebabkan oleh kondisi yang dikenal sebagai endometriosis. Yaitu kondisi medis yang terjadi oleh karena adanya peradangan dinding selaput rahim yang masuk ke dalam rongga panggul. Ini merupakan kondisi medis yang dapat menimbulkan kista endometriosis dan kesulitan mempunyai keturunan. Walaupun demikian wanita dengan endometriosis BELUM TENTU akan mengalami infertilitas!

Pengobatan

Pengobatan nyeri haid dapat dilakukan dengan berbagai cara dari mulai pengobatan medis dan non medis. Pengobatan medis meliputi pengobatan dengan obat anti prostaglandin, obat hormonal seperti pil KB sampai dengan tindakan medis yang dikenal sebagai laparoskopi. Tindakan non medis sebagai contohnya adalah hypnotherapy, akupuntur dan terapi herbal.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >