Solusi Menghilangkan Stretch Marks

Solusi menghilangkan stretchmark

Stretch marks merupakan garis-garis guratan di kulit yang sedikit lebih cekung dibanding kulit normal di sekitarnya. Umumnya stretch marks didapatkan di perut, paha, pantat payudara & lengan atas (area di mana lemak terkonsentrasi). Guratan ini awalnya bewarna merah, kemudian menjadi merah muda atau ungu, dan lama kelamaan akan menjadi pucat atau sedikit lebih gelap daripada kulit sekitar (tergantung warna kulit dasar anda).

Munculnya Stretch marks ini tidak menimbulkan nyeri atau pun kondisi medis yang berbahaya, hanya saja terkadang sangat mengganggu penampilan.

Secara umum, stretch marks terjadi akibat peregangan kulit yang mendadak atau dalam jangka waktu pendek. Dimana lapisan tengah kulit yang disebut dermis meregang melebihi daya fleksibilitasnya. Kondisi ini biasanya terjadi seiring peningkatan berat badan yang cepat, atau penambahan masa otot/volume yang cepat di bawah kulit misalnya pada binaragawan/wati (penambahan masa otot dalam jangka waktu singkat). Pada wanita yang melakukan operasi pembesaran payudara, serta pada wanita hamil.

Beberapa faktor resiko terjadinya stretch marks:

  1. Genetik: apabila ibu atau keluarga memiliki riwayat stretch marks, maka anda akan lebih beresiko mendapatkanstretch marks juga.
  2. Wanita lebih beresiko mendapat stretch marks dibanding pria.
  3. Pubertas: growth spurts (percepatan pertumbuhan) pada masa remaja.
  4. Kehamilan: selain karena pengaruh peningkatan berat badan yang cepat, timbulnya stretch marks juga dipengaruhi oleh faktor hormonal.
  5. Peningkatan berat badan yang cepat,
  6. Kelebihan berat badan baik overweight hingga obesitas.
  7. Faktor hormonal & genetik lain: penggunaan kortikosteroid, penderita Cushing’s syndrome (tubuh memproduksi hormon kortisol berlebih), penderita Marfan’s syndrome (kelainan genetik yang mempengaruhi jaringan kolagen).

Bagi sebagian orang munculnya stretch marks sangat mengganggu penampilan, sehingga tidak sedikit pula orang akan meggunakan berbagai cara agar dapat menghilangkan guratan – guratan halus tersebut. Stretch marks sebenarya akan memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Sayangnya, hingga saat ini belum ada satu pun pengobatan yang efektif dapat menghilangkan stretch marks. Semua opsi pengobatan bertujuan untuk memudarkan penampilanstretch marks saja.

Berikut beberapa alternatif yang dapat dijadikan opsi untuk meminimalisir tampilan stretch marks :

Kosmetik
Stretch marks dapat disamarkan dengan mengoleskan krim khusus sesuai warna kulit. Beberapa tipe krim juga bersifat tahan air dan dapat bertahan hingga 2-3 hari.

Krim, lotion, gel
Meskipun seringkali berbagai produk mengklaim dapat menghilangkan stretch marks, namun sesungguhnya fungsinya adalah mempercepat stretch mark memudar. Oleh karena itu, produk ini paling efektif digunakan saat stretch marksmasih dini, masih berwarna merah, merah muda atau ungu. Krim retinoid (seperti tretinoin) dapat memperbaiki pertumbuhan kolagen dan memperbaiki penampilan stretch marks bila digunakan sejak dini. Namun sayangnya, retinoid ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui.

Laser
Berbagai jenis terapi laser dapat digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan kolagen dan serabut elastin kulit, sehingga dapat memperbaiki tampilan stretch marks. Biasanya diperlukan beberapa sesi terapi untuk memperoleh hasil yang optimal.

Mikrodermaberasi
Terapi ini berfungsi untuk mengikis permukaan kulit dengan tujuan untuk menstimulasi pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis.

Operasi
Apabila anda memiliki stretch marks disertai kulit yang menggelambir, maka ada beberapa operasi bedah plastik sepertitummy tuck, brachioplasty, buttock lift, dermalipectomy. Operasi tersebut bertujuan untuk menghilangkan kulit yang menggelambir tersebut dengan konsekuensi ikut terangkatnya sebagian atau terkadang seluruh stretch marks yang ada di area yang menggelambir tersebut.

Dengan mengetahui berbagai faktor resiko yang menyebabkan terjadinya stretch marks, maka kita mengetahui bahwa tak semua stretch marks dapat dicegah. Namun, sebagai solusi berbagai upaya pencegahan ini tetap dapat diterapkan, setidaknya dengan tujuan untuk mencegah timbulnya stretch marks yang lebih parah, yakni dengan cara ;

  • Upayakan gaya hidup sehat, olah raga teratur, diet seimbang, sehingga kesehatan kulit pun terjaga. Diet seimbang yang kaya vitamin C, E, dan berbagai mineral sepeti zinc dan silicone penting untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Diet cukup lemak pun tak kalah pentingnya, karena lemak merupakan struktur penting yang menjaga kekenyalan kulit.
  • Jaga berat badan ideal. Hindari peningkatan maupun penurunan berat badan drastic dalam jangka waktu yang pendek atau singkat. Apabila anda hamil, usahakan untuk memperoleh asupan diet yang seimbang, sehingga kenaikan berat badan pun tak berlebih. Ingat bahwa mitos “makan untuk dua orang” itu salah. Kenaikan kebutuhan makan untuk wanita hamil sesungguhnya hanya sekitar 10-15% saja.
  • Selalu ingat bahwa tak ada satu pun krim atau pun lotion yang dapat mencegah stretch marks. Jadi, sesuaikan ekspektasi anda, terutama pada saat kehamilan. Baik krim maupun lotion ini semuanya bertujuan untuk melembabkan kulit, dengan harapan kulit anda lebih sehat dan elastis sehingga lebih tahan terhadap regangan.

Written by: dr. Priscilla, SpBP-RE

 

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >