Terapi Pijat Bagi Ibu Hamil yang Baik Untuk Tubuh

Jika Bunda merasa tidak enak pada tubuh Bunda, pertimbangkan untuk melakukan terapi pjiat yang faktanya dapat membantu Bunda mengatasi berbagai permasalahan pada tubuh Bunda.

Beberapa hal baik yang bisa Bunda dapatkan dengan melakukan terapi pijat di saat tengah hamil:

Mengurangi pembengkakan

Disaat hamil, Bunda akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti kaki dan tangan. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak baik dan meningkatnya tekanan darah pada rahim. Terapi pijat dapat membantu menstimulasi otot dalam tubuh untuk mengurangi berkumpulnya darah pada sendi yang menyebabkan bengkak. Terapi pijat juga bisa membantu Bunda mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh.

Mengurangi rasa sakit pada saraf

Rasa nyeri pada panggul seringkali dialami oleh wanita saat sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh rahim yang semakin besar setiap harinya bersandar pada otot-otot dasar panggul dan otot punggung bagian bawah. Tekanan ini menyebabkan rasa nyeri dan tegang pada kedua kaki Bunda dan merupakan salah satu penyebab pembengkakan. Pijat dapat membantu menghilangkan ketegangan pada otot-otot dan saraf panggul yang membuat Bunda merasa sering sakit disaat hendak mau duduk maupun berdiri.

Memperbaiki hormon dalam tubuh

Dengan melakukan terapi pijat, Bunda dapat mengurangi hormon penyebab stres seperti norepinefrin dan meningkatkan hormon yang mengatasi rasa stres seperti dopamin dan serotonin. Perubahan hormon tersebut dapat membantu Bunda lebih rileks dalam keseharian Bunda, dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya cacat saat melakukan persalinan nanti.

Namun, Bunda tetap perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan terapi pijat sewaktu hamil, termasuk:

  • Hindari menggunakan terapi yang dapat menyakiti Bunda dan si kecil seperti sauna, kolam air panas dan lain sebagainya.
  • Pastikan lokasi terapi pijat yang Bunda kunjungi telah memiliki lisensi dan telah dipercaya oleh berbagai orang. Perhatikan pula ahli pijat yang hendak memijat Bunda, tanyakan apabila ia memiliki pengalaman memijat ibu hamil.
  • Jika Bunda merasa tidak nyaman atau tidak enak sewaktu di pijat, segera katakan. Cegah hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi dengan memberitahu kondisi Bunda jika merasa tidak nyaman.
  • Pastikan Bunda menggunakan aroma minyak pijat yang tetap membuat Bunda merasa nyaman. Saat hamil, indra penciuman Bunda akan menjadi semakin baik, dan jika Bunda mencium sesuatu yang Bunda rasa terlalu menyengat, Bunda bisa merasa mual-mual.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di artikel ini, dengan melakukan terapi pijat, Bunda juga bisa mendapatkan beberapa hal baik lainnya seperti mengurangi rasa sakit punggung, mengurangi rasa sakit pada sendi, memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi mual-mual, mengurangi stres, hingga membantu Bunda tidur lebih baik. Selamat mencoba!

Recent Posts

Perbincangan mengenai saran pengobatan GERD tanpa obat

Tips untuk Mengatasi GERD Tanpa Obat-obatan

Pada artikel-artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang gastroesophageal reflux disease (GERD). Gangguan pencernaan ini menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti mual hingga sensasi panas di kerongkongan. Kali ini, dr.…
Read more >
Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bagaimana Cara Melakukan Diagnosis Penyakit GERD?

Bagaimana Cara Melakukan Diagnosis Penyakit GERD?

Dari artikel-artikel sebelumnya, kita sudah membahas banyak mengenai GERD, mulai dari gejala awal, penyebab, hingga pengalaman dari pasien yang sudah lama mengalami GERD. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang harus dilakukan…
Read more >