Tips Memilih Klinik Fertilitas yang Ideal

Bagi pasangan yang hendak memutuskan untuk hamil, ada baiknya jika sudah mempersiapkan segala kebutuhan menjelang dan selama masa hamil dengan baik. Salah satunya adalah dengan menentukan klinik fertilitas yang tepat sebagai tempat konsultasi, check up, dan lainnya. Tentunya anda tidak mungkin asal dalam memilih klinik fertilitas, karena hal itu berhubungan dengan tingkat keberhasilan yang akan didapat dalam menjalankan program kehamilan. Selain itu juga anda akan berulang kali datang ke klinik tersebut untuk melakukan konsultasi dan berbagai pemeriksaan kondisi kesuburan anda dan pasangan.

Banyak wanita atau pasangan yang akan pergi ke klinik fertilitas yang sedang banyak diperbincangkan oleh banyak orang. Akan tetapi tidak sedikit yang merasa cocok dengan klinik tersebut. Dalam memilih klinik fertilitas alangkah baiknya jika dapat memberikan rasa yang nyaman baik dalam segi konsultasi maupun berbagai treatment yang dijalankan. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih klinik fertilitas yang ideal bagi calon ayah dan ibu :

Pertama, cari tahu mengenai tingkat keberhasilan yang dilakukan klinik fertilitas, baik dalam program bayi tabung maupun program kehamilan lainnya. Mencari tahu dari berbagai sumber yang terpercaya mengenai tingkat keberhasilan terkait program kehamilan yang dilakukan oleh klinik tersebut. Bisa melalui rekomendasi dari dokter – dokter kandungan, testimoni dari berbagi sumber yang terpercaya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan program kehamilan baik melalui IVF atau tidak semua dipengaruhi oleh kualitas sperma dan sel telur dari pasangan. Tim dokter dan tim klinik fertilitas hanya sebagai faktor pendukung keberhasilan berlangsungnya program kehamilan tersebut.

Kedua, dari sisi dokter. Tentunya dalam memilih klinik fertilitas tidak bisa dipungkiri kita akan memilih dokter yang telah memiliki banyak pengalaman dan “jam terbang” yang banyak. Dokter yang akan membantu memantau perkembangan dari program kehamilan yang anda jalankan. Selain itu faktor rasa  cocok dan nyaman untuk berkonsultasi dalam jangka waktu yang lama juga menjadi pertimbangan dalam memilih kinik fertilitas. Salah satunya tim dokter di klinik morula Jakarta, yang sudah bepengalaman dan akan melayani berbagai permasalahan seputar kehamilan dengan ramah dan nyaman.

Ketiga, fasilitas perawatan yang ditawarkan. Demi mendukung keberhasilan program kehamilan, tentunya berbagai fasilitas yang dimiliki oleh klinik fertilitas menjadi hal utama. Seperti melihat jenis perawatan apa saja yang ditawarkan oleh klinik tersebut, serta alat atau teknologi apa saja yang dimiliki oleh klinik fertilitas tersebut.

Keempat, treatment cost. Tidak bisa dipungkiri bahwa perawatan fertilitas untuk program kehamilan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pastikan bahwa dengan harga yang ditawarkan diawal sudah mencakup semuanya, seperti berbagai jadwal konsultasi, berbagai treatmen di awal menjelang, selama, hingga pasca program kehamilan telah berlangsung.

Terakhir yang tak kalah pentingnya adalah seberapa besar anda menyukai klinik fertilitas tersebut. Mencari tahu informasi beberapa klinik fertilitas guna mengetahui mana yang dirasa cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini dikarenakan anda akan banyak melakukan kunjungan ke klinik tersebut untuk berbagai konsultasi, pemeriksaan, dan perawatan menjelang, selama, hingga usai masa kehamilan.

Salah satu klinik fertilitas yang bisa menjadi pilihan anda untuk merencanakan program kehamilan yaitu klinik morula Jakarta yang memiliki berbagai fasilitas untuk perawatan fertilitas anda. Selain itu, Klinik Morula Jakarta juga di dukung oleh tim dokter yang berpengalaman di bidangnya, dan sudah dilengkapi dengan teknologi terkini di bidang IVF seperti tehnik IMSI  , PGS  dan Time Lapse Technology yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk menjalankan seluruh program kehamilan.

Written by: dr. Ivan Sini, SpOG

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >