Trimester Pertama dan Gejalanya

Tips Jaga Berat Badan Saat Hamil

Selama masa kehamilan berlangsung, banyak perubahan – perubahan terjadi yang akan dialami oleh sang ibu. Perubahan yang dimaksud adalah baik perubahan dalam tubuh maupun luar tubuh. Perubahan yang dialami sering kali menjadi keluhan-keluhan para ibu. Terutama bagi mereka yang sedang menjalani masa kehamilan untuk pertama kalinya, pasti kondisi seperti ini sangat meresahkan.

Biasanya, perubahan yang dialami oleh ibu hamil dapat dirasakan ketika sejak awal kehamilan berlangsung. Pada tahap awal kehamilan ini, atau yang biasa disebut dengan tahap trimester pertama kehamilan. Tahap ini berlangsung pada minggu pertama kehamilan sampai minggu ke 12. Di trimester pertama ini memang banyak kondisi yang dapat mengganggu aktivitas para ibu. Pada awal kehamilan, akan muncul adanya perasaan mual yang akan dialami oleh ibu, yang dikenal dengan Morning Sickness. Tidak jarang pula perasaan mual ini diikuti dengan muntah. Hal ini merupakan hal normal yang terjadi selama awal kehamilan dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil.
Sering merasa lelah dan nyeri di punggung juga salah satu keluhan yang sering dialami pada trimester pertama kehamilan. Untuk mengurangi rasa nyeri dan cepat lelah ini, para ibu dapat melakukan sedikit olahraga atau sekedar banyak bergerak untuk meningkatkan energi.

Masalah ngidam juga terlihat pada trimester pertama ini. ibu hamil mulai menyukai makanan- makanan tertentu.
Sering berkemih atau bolak-balik ke WC adalah masalah umum pada masa kehamilan. Hal ini disebabkan hormon hCG yang akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul selama kehamilan. Selain itu, sering berkemih merupakan tanda ibu hamil memiliki ginjal yang baik sehingga proses membuang sisa produk metabolism lebih cepat dari biasanya. Perubahan rahim yang membesar dan mengakibatkan kandung kemih tertekan juga menjadi faktor utama terjadinya sering berkemih.

Masalah lain yang juga masih berkaitan dengan masalah pencernaan pada trimester pertama adalah masalah konstipasi atau biasa dikenal dengan sebutan sembelit. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon progesteron yang akan mereklasasi otot polos pada ibu hamil , keluhan yang berhubungan dengan pencernaan. Ketika memasuki masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan mood yang tidak stabil. Perubahan mood yang terjadi dengan cepat dan tidak pasti penyebabnya. Bisa tiba-tiba merasakan senang, sedih, jengkel, dalam waktu yang berdekatan. Hal seperti ini wajar karena pengaruh dari adanya perubahan hormone yang drastis.

Keluhan-keluhan seperti yang telah disebutkan diatas merupakan kondisi yang sangat wajar dialami oleh para wanita hamil di trimester pertama kehamilan. Namun, walaupun digolongkan wajar, sebaiknya ibu hamil juga harus tetap memperhatikan kondisi kesehatannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan apabila keluhan-keluhan bertambah berat sebaiknya segera datang ke dokter Anda untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >