Apa Saja Pantangan Makanan & Kebiasaan untuk GERD?

Apa Saja Pantangan Makanan dan Kebiasaan untuk GERD

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai GERD Anxiety. Kali ini, kita akan membahas mengenai pantangan untuk pengidap GERD.

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau penyakit refluks asam lambung merupakan salah satu gangguan pada fungsi pencernaan. Oleh karena itu, banyak pantangannya yang berhubungan dengan makan dan minum.

Penyebab utama dari GERD adalah melemahnya katup yang memisahkan antara kerongkongan dan lambung. Untuk itu, Anda perlu menghindari segala hal yang dapat melemahkan katup ini.

Agar GERD tidak kambuh, penting bagi pasien untuk menghindari beberapa kebiasaan dan jenis makanan dan minuman tertentu.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung kita bahas!

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Pengidap GERD

Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap GERD:

1. Makanan Pedas

Bagi pecinta pedas, cabai, lada dan saus pedas tidak boleh ketinggalan dalam setiap hidangan. Namun, bagi pengidap GERD, sensasi pedas ini bisa menjadi hal yang berbahaya.

Kandungan capsaicin pada cabai dapat mengiritasi lapisan lambung. Hal ini akan memperparah gejala GERD seperti heartburn dan rasa asam di mulut.

2. Makanan Berlemak

Di Indonesia, makanan berlemak banyak disukai karena kelezatannya. Mulai dari daging berlemak, gorengan, mentega, hingga susu dan keju.

Makanan seperti ini sangat banyak dijumpai, terutama di perkotaan. Banyak anak mudah yang menyukai makanan seperti martabak, pizza, burger dan lain sebagainya yang sangat berlemak.

Padahal, makanan seperti ini dapat menjadi penyebab munculnya atau kambuhnya GERD.

Kandungan lemak yang tinggi dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan tekanan pada lambung.  Hal ini mempermudah terbukanya jalan bagi asam lambung untuk kembali naik ke kerongkongan.

3. Makanan Asam

Pantangan selanjutnya adalah makanan yang memiliki rasa asam, termasuk pada buah.

Buah-buahan segar seperti jeruk, tomat, dan nanas memang sangat kaya akan vitamin dan mineral. Namun, bagi pengidap GERD, kandungan asam pada buah-buahan ini dapat menjadi pemicu rasa tidak nyaman di dada.

Jika Anda ingin memakan buah, Anda bisa memilih buah-buahan dengan tingkat keasaman yang lebih rendah, seperti pisang atau pepaya.

4. Minuman Berkafein

Kopi, teh dan cokelat merupakan minuman favorit banyak orang karena bisa meningkatkan semangat untuk beraktivitas.

Tapi, bagi pengidap GERD, kafein pada minuman tersebut dapat menjadi pemicu kambuhnya GERD karena dapat mengendurkan katup kerongkongan dan meningkatkan produksi asam lambung.

Kedua hal ini perlu dihindari karena dapat memperparah gejala GERD.

5. Makanan dan Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat mudah ditemukan saat ini, dan banyak dicari karena menyegarkan terlebih saat haus.

Tapi, bagi pengidap GERD, soda akan memicu munculnya gelembung gas yang menekan lambung. Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan memicu terjadinya refluks asam lambung.

Hal yang sama juga terjadi pada makanan yang mengandung soda kue, seperti mie instan. Oleh karena itu, makanan ini juga sebaiknya dihindari.

Pantangan Kebiasaan untuk Pengidap GERD

Selain pantangan makanan dan minuman, berikut beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap GERD:

1. Makan Secara Berlebihan Dalam Satu Waktu

Makan terlalu banyak dalam satu waktu dapat meningkatkan tekanan pada lambung. Jika lambung terlalu penuh, maka katup sfingter dapat melemah dan memicu terjadinya refluks asam lambung.

2. Minum Banyak saat Makan

Tidak hanya makan banyak yang dapat melemahkan katup sfingter, tapi minum terlalu banyak juga perlu dihindari. Minum terlalu banyak, terutama saat makan akan membuat tekanan pada lambung lebih tinggi.

3. Makan Terburu-buru

Jika Anda makan terlalu cepat, hal ini berarti Anda hanya sedikit mengunyah makanan. Padahal, proses pengunyahan makanan merupakan salah satu tahap yang penting untuk mencerna makanan.

Selain itu membuat fisik makanan lebih halus, air liur juga akan membantu proses pencernaan makanan.

Oleh karena itu, jika Anda hanya sedikit mengunyah makanan, maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut.

Itulah ulasan singkat mengenai pantangan untuk pengidap GERD, baik dari sisi jenis makanan dan minuman, maupun kebiasaan.

Dengan menjaga pola makan dan kebiasaan yang baik, Anda dapat mengendalikan GERD dan menjalani hidup yang lebih berkualitas.

Jika Anda tertarik dengan pembahasan dr. Ivan Sini seputar kesehatan, jangan lupa cek artikel lainnya serta follow dan subscribe TikTokInstagram dan Youtube dr. Ivan Sini ya!

Recent Posts

Tips Menghidari Serangan GERD

Tips Mencegah Serangan GERD Kambuh

Pada artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang pengalaman pasien GERD, penyebab hingga gejalanya. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja tips untuk mencegah serangan GERD kambuh berdasarkan pengalaman…
Read more >
Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif

Bisakah Mengelola GERD dalam Kehidupan Aktif?

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), sering kali dianggap sebagai halangan untuk orang yang ingin menjalani gaya hidup aktif. Namun, bagi Bu Nita, anggapan tersebut tidak berlaku. Di tengah kesibukan dan kecintaannya…
Read more >